Yeah, i did it !!!

Alhamdulillah, satu lagi dari sekian pencapain hidup udah gue selesaikan. Menjadi sarjana. Kalo di flashback lagi dari awal gue masuk jadi mahasiswa baru di jurusan ini, menjadi sarjana itu semacam berlian dilangit yang harus gue ambil pake tangga yang punya anak tangga tak terhingga tingginya. Serius! Perjuangan ikut kuliah demi bulir – bulir sks yang harus kekumpul minimal 144 melawan rasa malas, rasa jenuh sama praktikum beserta modulnya, serta melawan capek hati kalo asistennya yaaa gituuuu.

Gue bukan mahasiswa super kok, bisa dikategorikan sebagai mahasiswa yang biasa – biasa aja. Ambil sks semampunya, ikut organisasi sekuatnya dan masih ikutan milih – milih kelas dengan dosen yang pas. Pas dari definisi gue adalah dosen yang ngajarnya nyantai tapi gue paham, tugasnya nyantai, dan nilainya fair. Dosen – dosen macam ini biasanya didapatkan oleh anak – anak terpilih pilihan tuhan. Kenapa gitu ? karena meskipun lo udah mantengin integra dari pagi buta dengan gadget tercanggih yang lo punya kalo tuhan tidak berkehendak demikian maka tidak akan dapat. Gue percaya itu.

Perkuliahan tahun ke-4 buat gue adalah kuliah paling nyantai. Di semester 7 gue masih ambil 22 sks dan semester 8 masih ada 11 sks. Biar begitu, entah mengapa waktu tidur lebih banyak, waktu main dan nonton korea – korean juga makin banyak. Gue nggak ketinggalan tiap episode drama baru kok hahahahaha. Awalnya sempet bingung kok bisa gitu namun pada akhirnya gue inget kalo dulu kenapa waktu tidur terbatas dan nonton drama korea cuma bisa pas weekend atau menjelang liburan. Yup, rapat dan kegiatan lain – lainnya. 2 semester terakhir kuliah gue sama sekali nggak ikut kegiatan apa pun kecuali undangan. Berasa hampa sekali waktu itu hahahaha.

Dengan adanya perubahan kurikulum, maka TA yang tadinya 7 sks dibagi menjadi 2 dan 5 sks. 2 sks diambil di semester 7 berupa proposal pengajuan sedangkan 5 sisanya di semester 8. Beda kasus untuk yang berniat menyudahi perkuliahan di semester 7. Untuk TA sudah pasti gue harus mengerjakan sesuatu yang sekiranya sebagian besar bisa gue kerjain sendiri. Setelah diskusi panjang dan merenung dengan diri sendiri gue putuskan untuk membuat game aja. Berhubung gue mau ngerjainnya di semester 8 jadinya gue cukup nyantai untuk proses pembuatan proposal. Saat itu pula dosen yang master dibidang game sedang ibadah haji otomatis masa perenungan lebih banyak dan akhirnya dalam 3 kali pertemuan dengan sang dosen, proposal gue di oke-in. Namun kendala kembali datang ketika pak dosen meminta gue mencari dosen pembimbing 2. Jujur aja, dosen yang harus dipilih tidak ada yang begitu ngerti masalah game dan berakibat proposal gue pun tertunda 4 minggu karena harus menjelaskan detail demi detail secara pelan – pelan kepada bu dosen agar satu paham sama gue. Alhamdulilah sebelum batas waktu deadline gue udah bisa ngumpulin proposal yang oke dan lolos sidang proposalnya.

Memasuki awal semester 8, gue sudah berniat mau ngerjain TA setiap hari dari senin – jumat. Hahahahahaha :’) sama ironis nya ketika pas pulang liburan semester gue berniat untuk nyicil TA di rumah yang berakhir gue nggak ngapa – ngapain 😛 . Satu bulan awal gue gunain untuk mendesain karakter serta aset – aset untuk game nya. Mulai dari cari – cari gambar referensi di google serta ngumpulin berbagai tutorial – tutorial pandukung. Selama pengerjaan, dosen 1 tidak mengadakan jadwal bimbingan rutin, istilahnya ya kalo lo butuh monggo ngadep. Kalo nggak ya nggak perlu. Isi lembar bimbingan pun bisa didiskusikan 😛 . Beda dengan dosen 2 yang minta 2 minggu sekali tatap muka di lab beserta anak – anak bimbing ibunya yang lain. Selama pengerjaan banyak banget perubahan dari segi konsep bahkan tambahan – tambahan demi mempermudah pengerjaan maupun mempersulitnya. yah dinikmatin aja.

Alhamdulillah allah mengirimkan perpanjangan tangannya buat gue melalui temen gue. Baik banget sumpah! Meskipun dia sendiri lagi sibuk sama TA nya. Tapi masih mau nyempetin waktu buat bantu gue memikirkan kodingan. Yang bisa di googling ya gue googling yang nggak ada di google ada sama dia. Gue bilang “tolong dong gimana cara nya kalo gue pengen anu biar bisa ini itu trus dianuin dan sebagainya” trus dia jawab “ oh dibikin gini aja” atau “bentar kayaknya pernah tau” . gue nggak ngetilah kalo nggak kenal sama ini anak gimana nasib TA gue. Temen – temen lain juga ngebantuin kok tapi emang jasa paling besar dipegang sama ini orang. Thanks berat sob!

Selain dukungan secara langsung, gue juga dapet banyak dukungan moril dari temen- temen, senior serta junior gue yang nyemangatin lewat medsos maupun doanya. Kuncinya sih kalo bisa bikin catatan target timeline buat progress, JANGAN malu buat minta tolong kalo emang nggak bisa. Buat muka lo setebel – tebelnya deh hahahaha tapi inget kalo ditolongin sama orang ya jangan lupa juga buat nolongin orang lain. Setelah gue pikir bahwa pengerjaannya nggak sesulit yang diceritain orang – orang, allah memberikan jawaban bahwa emang hidup nggak mungkin flatflat aja. 1 bulan sebelum deadline gue sakit selama 1 minggu. Gangguan pencernaan, infeksi kantung kemih. Tapi untungnya program sudah hampir selesai. Hanya buku yang belum sama sekali disentuh kecuali copy-an dari proposal. Selain itu musibah kembali datang ketika h – 3 pengumpulan. Pertama kali selama gue menjadi pengendara motor di Surabaya gue ngelamin yang namanya bertabrakan sama motor lain. Akibatnya ya keluar uang buat perbaikan dan susah tidur soalnya kaki sama pinggang lebam – lebam. Alhamdulillah h – 1 pengumpulan gue udah bisa ngumpulin dan tinggal nunggu jadwal sidang.

Gue emang minta sama allah, semoga dapat sidang di awal atau tengah aja biar masa revisi cepet dan bisa segera pulang atau yah kalo nutut segera daftar buat lanjut S2. Emang allah maha baik, gue dapet jadwal sidang HARI PERTAMA. Sempet kepikiran ya emang minta awal tapi kan nggak awal bangeeeeeet. Okeh hari – hari yang biasanya dilalui dengan insomnia malah gue bisa tidur pulaaaaaas banget. Alhamdulillah ada nyokap yang nemenin jadi tidurnya nggak bablas. Gue dapat jadwal jam setengah 2 siang sih tapi dari jam 9 pagi udah nongkrong di lab. Deg – deg an banget dan kayak ada kupu – kupu di perut gue yang bikin geli mual dan lemes. Tapi guys ketahuilah bahwa semua rasa takut itu cuma ada di dalam pikiran lo aja. Ketika sudah masuk ruang sidang semuanya buyaaaaaaaaar. Gue fokus ke ppt dan apa – apa yang udah gue hafal luar kepala. Kalo lo udah nyiapin prediksi pertanyaan yang bakal ditanya beserta jawaban okenya. Jangan terlalu bersedih hati sebab kemungkinan pertanyaaan itu bakal keluar hanya 10%. Itulah kenapa gue bilang semua ketakutan itu cuma ada di kepala lo doang. Lancaaaar dengan secuil hambatan Alhamdulillah, revisi buku dan sedikit konsep. Bahagia ketika keluar ruang disambut senyum manis teman – teman serta kedatangan teman jauh. Alhamdulillah.

Dibanding lulus sd, smp maupun sma. Lulus kuliah ini berbeda. Jelas lah ya semua juga tau bedanya. Sedih sih artinya gue segera bakal maju kefase hidup selanjutnya. Dengan atau tanpa orang – orang yang udah nemenin selama 4 tahun ini. gue udah ngucapin makasih di kata pengantar buku TA kok hehe. Jadi kalo pun gue tulis disini kayaknya nggak ada yang baca juga 😛 .

Lets see each other on better place , love love love ❤

Refleksi Akhir Tahun

Haruskah terlihat menyedihkan ?

Ketika banyak orang menaruh ekspektasi tinggi pada dirimu, namun yang bisa kamu lakukan hanya semampu mu. Itu bukan salah mu, jangan pernah salahkan dirimu karena tidak dapat menjadi cukup baik untuk mereka. Sebab Kamu terlahir dengan rangkaian ketidak sempurnaan, untuk dapat dicintai dengan cara yang sempurna.

Haruskah terlihat menyedihkan ?

Ketika banyaknya permintaan yang datang padamu, meskipun kamu ragu kamu bisa bahkan kamu tidak yakin dan kamu tetap berkata “ya”. Hey, belajarlah berkata “tidak”. Tidak, aku tidak mau melakukan ini. Tidak, aku tidak mau melakukan itu. Karena itu membuat ku tidak nyaman, karena itu membuat ku stress dan sebagainya. Atau bahkan, kamu tidak perlu menjabarkan alasan mengapa kamu tidak mau.

Haruskah terlihat menyedihkan ?

Ketika sahabat yang kamu percaya mengkhianatimu, sahabat yang kamu sayang menyakitimu dan pada akhirnya kamu menganggap semua orang sama hingga kamu menutup diri dari hal yang bernama persahabatan. Tidak, tidak semua orang seperti itu. Hanya karena seorang sahabat dimasa lalu menyakitimu belum tentu sahabat dimasa depan akan berlaku demikian. Maafakan dia.

Haruskah terlihat menyedihkan ?

Ketika kamu belum bisa lepas dari masa lalu, hingga kamu takut menghadapi masa depan. Jangan, jangan biarkan kelamnya masa lalu mengotori indahnya masa depan. Setiap orang berhak atas kebahagiaanya masing – masing, setiap orang berhak melukis masa depannya masing – masing. Kamu masih bisa mengubahnya. Berdamailah dengan dirimu, Maafkanlah dirimu yang dulu.

Haruskah terlihat menyedihkan ?

Ketika kita menyimpan rasa pada seseorang tapi tak bisa melakukan apa – apa. Aku, mungkin aku terlalu perempuan untuk bisa mengutarakan. Aku terlalu perempuan hingga aku tak tau apa yang seharusnya aku lakukan. Aku terlalu perempuan hingga usaha terbaik yang bisa aku lakukan hanya berdoa dan berbenah diri. Ya, aku terlalu perempuan kodratku adalah menunggu.

Haruskah terlihat menyedihkan ?

Ketika orang yang kamu cintai, tidak mencintaimu seperti kamu mencintainya. Kita tidak bisa memaksa orang lain untuk mencintai kita, yang bisa kita lakukan hanya mendoakan dia menemukan kebaikan dengan orang lain. Yang bisa kita lakukan hanya berdoa agar tuhan menggantikan dia dengan yang terbaik. Kita harus percaya bahwa semua ini sudah diatur oleh yang maha kuasa. Toh tulang rusuk tak mungkin tertukar kan ?

Untuk aku yang telah banyak belajar tahun ini, Haruskah terlihat menyedihkan ? harusnya sih tidak 😀

lab NCC – lagi galau tugas , 24 Desember 2014  19.00 WIB.

Bagi saya . . .

Berhentilah kawan. Berhentilah untuk mengkorelasikan pernikahan dengan kegalauan. Berhentilah, saya mohon. Karena pernikahan (bagi saya) adalah tentang sebuah cita-cita agung yang harus kita siapkan sedari sekarang.

Berhentilah teman. Berhenti untuk menghubungkan pernikahan dengan kelabilan.

Berhentilah, saya mohon. Karena jika saja engkau tahu, betapa bangganya orang-orang diluar sana dengan sistem pacarannya, lantas mengapa kita tak bangga dengan sistem pernikahan yang telah diatur dalam islam? Kenapa harus, justru kita lah (kaum muslim) yang ‘menjatuhkan’ makna pernikahan itu sendiri?

Bagi saya..Pernikahan adalah tentang bagaimana engkau harus mengeja a.. ba.. ta.. tsa agar kelak keluarga yang engkau bangun adalah keluarga yang dinaungi cahaya Al-quran.

Pernikahan adalah tentang bagaimana engkau harus berpayah-payah masuk ke dapur, lantas bersahabat dengan segala pernak-pernik didalamnya agar kelak engkau bisa memberikan nutrisi terbaik untuk mereka para penerus peradaban.

Pernikahan adalah tentang ilmu, tentang bagaimana engkau harus membolak-balik buku tentang psikologi lelaki dan perempuan, tentang perkembangan pada anak, tentang rumah tangga para Shahabiyah..

Pernikahan adalah tentang bagaimana engkau harus mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang kurang sehat sekalipun engkau sangat ingin mengonsumsinya. Karena engkau tahu, engkau harus menyiapkan rahim yang kuat agar terlahir tujuh atau bahkan sepuluh para mujahid dan mujahidah.

Pernikahan adalah tentang bagaimana engkau harus menabung seperak demi seperak agar kelak engkau mampu memberikan nutrisi dan pendidikan terbaik untuk para pewaris kejayaan islam..Pernikahan adalah tentang bagaimana engkau harus belajar melunturkan ego, agar perahu yang akan dibawa bersama kelak tak karam di tengah jalan.

Pernikahan adalah tentang bagaimana engkau menyembunyikan keluhan dan menutupi kelemahan, pada mereka yang yang perlu penguatanmu..

Itulah mengapa..  seorang Habibie membutuhkan ‘Ainun untuk menciptakan sebongkah pesawat terbang pertama di Indonesia, itulah mengapa Rasulullah membutuhkan Khadijah untuk mengemban amanah dakwah yang tidaklah mudah.. itulah mengapa dibalik lelaki yang hebat selalu ada perempuan yang kuat..

Pernikahan adalah tentang bagaimana engkau belajar untuk menjadi ibu, untuk menjadi istri, untuk menjadi menantu, untuk menjadi kakak ipar, untuk menjadi adik ipar, untuk menjadi sahabat, untuk menjadi….

Karena pernikahan adalah tak sekadar penyatuan dua insan, melainkan penyatuan dua keluarga besar .

Rochma Yulika (via grup HA 109)

Renungan bagi hati yang sedang gundah

untuk sahabat – sahabat perempuan saya yang saya sayangi.

sebuah ringkasan dari Salim A Fillah . . .

Pertama
Satu hal yang seringkali dilupakan oleh banyak wanita adalah bahwa kemuliaan wanita tidak bergantung pada laki-laki yang mendampinginya.
Tahu darimana? Allah meletakkan nama dua wanita mulia dalam Al Quran, Maryam dan Asiyah. Kita tahu, Maryam adalah wanita suci yang tidak memiliki suami, dan Asiyah adalah istri dari manusia yang sangat durhaka, Firaun. Apakah status itu mengurangi kemuliaan mereka? No!
Itulah mengapa, bagi wanita di zaman Rasulullah dulu, yang terpenting bukan mendapat jodoh di dunia atau tidak, melainkan bagaimana memperoleh kemuliaan di sisi Allah.

Kedua
Bicara jodoh adalah bicara tentang hal yang jauh: akhirat, surga, ridha Allah, bukan semata-mata dunia.

Ketiga
Jodoh itu sudah tertulis. Tidak akan tertukar. Yang kemudian menjadi ujian bagi kita adalah bagaimana cara menjemputnya. Beda cara, beda rasa. Dan tentu saja, beda keberkahannya.

Keempat
Dalam hal rezeki, urusan kita adalah bekerja. Soal Allah mau meletakkan rezeki itu dimana, itu terserah Allah. Begitupun jodoh, urusan kita adalah ikhtiar. Soal Allah mau mempertemukan dimana, itu terserah Allah.

Kelima
Cara Allah memberi jodoh tergantung cara kita menjemputnya. Satu hal yang Allah janjikan, bahwa yang baik untuk yang baik. Maka, mengupayakan kebaikan diri adalah hal utama dalam ikhtiar menjemput jodoh.

Keenam
Dalam urusan jodoh, ta’aruf adalah proses seumur hidup. Rumus terpenting: jangan berekspektasi berlebihan dan jangan merasa sudah sangat mengenal sehingga berhak menafsirkan perilaku pasangan.

Ketujuh
Salah satu cara efektif mengenali calon pasangan yang baik adalah melihat interaksinya dengan empat pihak, yakni Allah, ibunya, teman sebayanya, dan anak-anak.

Kedelapan
Seperti apa bentuk ikhtiar wanita?
1. Meminta kepada walinya, sebab merekalah yang punya kewajiban menikahkan.
2. Meminta bantuan perantara, misal guru, teman, dll. Tapi pastikan perantara ini tidak memiliki kepentingan tertentu yang menyebabkannya tidak objektif.
3. Menawarkan diri secara langsung. Hal ini tidak dilarang oleh syariat.Bisa dilakukan dengan menemuinya langsung atau melalui surat dengan tulisan tangan. Konsekuensi satu: Ditolak. Tapi itu lebih baik daripada digantung.

Kesembilan
Bagaimana jika ada pria yang datang pada wanita, menyatakan rasa suka, tapi meminta ditunggu dua atau tiga tahun lagi? Perlukah menunggu? Sabar itu memang tidak ada batasnya. Tapi ada banyak pilihan sabar. Silakan pilih. Mau sabar menunggu, atau sabar dalam merelakannya. Satu hal yang pasti, tidak ada jaminan dua tiga tahun lagi dia masih hidup. Pun tidak ada jaminan kita bisa menuntut jika dia melanggar janjinya, kecuali dia mau menuliskan janjinya dengan tinta hitam diatas kertas putih bermaterai.

Kesepuluh
Bagaimana jika ada pria yang jauh dari gambaran ideal seorang pangeran tapi shalih datang melamar? Bolehkah ditolak?

“Tanyakan pada hatimu: Mana di antara semua faktor itu yang paling mungkin membawamu dan keluargamu ke syurga.”

Terimakasih 3

Sudah sejak beberapa bulan lalu rasanya pengen nulis ini di blog, tapi selalu saja setiap buka laptop kalo ngga nugas ya nontonin drama haha (seriously i need to stop this kind of activity kekeke).

Tahun ke-3 perkuliahan, bagi saya tahun ini adalah titik balik dari keterpurukan (keterpurukan jare  -____- ) 2 tahun perkuliahan yang penuh lika – liku. ya … tahun ketiga dimana pada awalnya saya Cuma punya 2 doa utama waktu itu.

Ya Allah tolong bantu saya gimana caranya supa IPK saya bisa tembus angka 3. Meskipun  semester sebelumnya IP saya sudah mencapai 3,XX tapi waktu itu IPK nya belum.

Sama 1 lagi doa saya waktu itu. Ya Allah tolong bantu saya konsisten sama amanah yang ‘satu’ ini, bantu saya supaya totalitas dan bisa bekerjasama dengan tim yang ‘satu’ ini. Lancarkan kegiatannya  ya Allah. Hahaha amanah ‘satu’ ini adalah konseptor kaderisasi jurusan yang merupakan cita – cita saya ketika masih menjadi mahasiswa baru (maba). Kenapa kok kepikiran kesana ? padahal dari beberapa gosip yang beredar, untuk tugas yang ‘satu’ ini susah loh, berat, jarang ada yang pengen, trus bikin stress dan banyak lagi keluhannya. Tapi, entahlah waktu itu saya melihat kakak wali saya sebagai dewi penyelamat saya, tempat saya bersandar dan berkeluh kesah. Meskipun terkadang tidak ada solusi pasti, tapi waktu itu saya merasa bahwa cukup dengarkan apa yang ingin saya katakan. Cukup jadi pendengar yang baik. Selain itu juga mungkin jiwa mengayomi saya terpanggil haha saya ingin menjadi lebih baik dari mereka, saya mau adik – adik wali saya nanti punya kakak tempat bertanya, kakak tempat berkeluh kesah, kakak yang bisa dipercaya, kakak yang bisa mensuport , serta teman untuk berbagi. (kok jadi curhat -______- ) dan alhamdulillah entah ini musibah atau berkah akhirnya saya terpilih menjadi bagian dari tim konseptor ini.

Oya ada 1 lagi doa tambahan, semoga Medfo 2nd gen bisa lebih berkilau dari 1st gen.

Guys, Allah memang punya caranya sendiri untuk menjawab doa – doa yang kita panjatkan. Pantaslah banyak orang yang berkata bahwa jikalau kamu berdoa jangan tanggung – tanggung. Minta yang banyak sama Allah. Tapi sekali lagi, saya nggak cukup PD untuk minta banyak – banyak. Sebab saya tau usaha saya untuk mencapai doa itu terkadang hanya alakadarnya. Hehe tapi Alhamdulillah Alhamdulillah Alhamdulillah Alhamdulillah Alhamdulillah 3 doa yang saya panjatkan di awal tahun ketiga tadi di kabulkan Allah, bahkan dilebih lebihkan nikmatnya.

Alhamdulillah, IPK bisa 3, . .  bahkan IP yang diluar prediksi Alhamdulillah Allah bantu, Allah tolong saya 😀 .

Alhamdulillah lagi, kaderisasi yang ada hmm bagaimana saya mengatakannya ya hahaha nano – nano rasanya, meskipun tidak berjalan sesuai alur yang diinginkan tapi saya bersyukur kami diberikan pengalaman luar biasa yang insya allah jangan lagi terulang di generasi adik – adik kami nanti. Saya juga tidak pernah membayangkan bahwa hampir sebagian besar  24 jam X 7 hari saya digunakan untuk memikirkan orang lain, iya adik –adik saya yang totalnya sekitar 187 orang. Tapi sekali lagi Alhamdulillah, kalo nggak gitu, mungkin sebagian besar waktu saya akan habis untuk menggalau –  future – family 😛 . belum lagi harus menangis entah sudah berapa kali , berdebat sampai kepala pusing dan meningkatkan nafsu makan :P.

Kita memang nggak bisa membahagiakan semua orang , karena saya terlalu menyibukkan diri dengan masalah ini, saya terkadang merasa sangat jauh dengan teman – teman dekat saya. Jarang makan bareng, jarang curhat – curhatan lagi di rumah. Waktu itu saya sempat ngerasa bahwa temen cewe saya Cuma aida dan mbak momo, soalnya mbak nada lagi rajin TA jadi jarang ketemu. Haha yah emang selalu ada yang harus dikorbankan kan ? waktu kosong timbang buat ngobrol sama temen saya lebih milih tidur atau ya nugas . Waktu buat Medfo juga minim banget jadi merasa bersalah juga sama Helmy – Atud soalnya saya dulu menyanggupi jadi staff ahli tapi malah gabut gini haha.

Alhamdulillah doa ke3 juga dikabulkan sama Allah, 2nd Gen punya BackTrack, punya #informaTweet, punya Bluepress –  TCpantau, BlueMagz, Everblue, dan WEB yang makin kece dari kebarmanfaatan berita maupun desainnya. Sungguh luar biasa. Maka, wajar dong piala VMA nya lebih banyak hehehehe BestMagazine, BestSosialMedia, BestDepartment, sama 2 Best apalagi ya lupa -_____- .

Buat saya, Tahun ke 3 ini memamng titik balik. Saya belajar bahwa Jangan EGOIS. Dulu saya selalu berdoa buat diri saya sendiri hasilnya ya saya selalu merasa kurang. tapi ketika saya juga mendoakan orang lain Allah melebih – lebihkan untuk saya :D. jadi intinya guys jangan EGOIS cobalah untuk memperhatikan sekitar dan doakan mereka juga. DOA itu kado paling mudah sekaligus paling Berharga.

Spesial Thanks to :

  1.  Love You All Team : Tommy, Febry, Indra, Dia, Punggi, Fauzy(ujik) makasih sudah bantu – bantu kalo ada tugas kuliah yang susah. Makasih atas pengertiannya karena saya kadang – kadang telat dateng rapat (tapi aku kan kalo telat biasanya bawa jajan :P). Agak lemot dan galauan 😛 (tapi please jangan dibully juga keles)
    Mbak momo, mbak nada, mas Khairy, mas Jalu, mas Idham sama mas Hani. Makasih juga bantuan waktu ngerjain tugas kuliah, nasehat – nasehatnya, sharing pengalamannya, sama traktirannya 😛
  2. Adik – Adik kesayangan : Jhon makasih sudah jadi adik yang baik, penurut, peduli sama teman nya, pekerja keras dan lucu :3 Salut banget sama adik 1 ini, selalu menomor 1 kan angkatan baru dirinya sendiri. Sekarang masih gitu nggak ?. Adi kamu Keren, kayaknya kamu lebih cocok di despro deh timbang TC 😛 aku percaya kamu sudah dewasa dan kamu tau resiko tiap tindakan yang kamu lakuin. Terus berkarya dan tunjukin kalo kamu akan selalu keren. Oya satu lagi tugasnya dikerjain yang rajin ya jangan males 😛 . Fathi  adik yang 1 ini luar biasa kritis, meskipun kadang dia ga tau gimana cara menyampaikannya yang berujung nggak jadi diceritain ke saya tapi ceritanya ketemen saya -____- , tiap langkahnya penuh pertimbangan akan menguntungkan atau nggak buat dirinya. Dek kurang – kurangin ya pesimisnya ayo dong lebih optimis sama lingkungan sekitar :D. Rona kalo yang ini, anak nya ceria dan bersahaja. Dia awalnya susah percaya sama orang lain tapi punya rasa ingin tahu yang tinggi. Alhamdulillah Sekarang lebih aktif. Wahyu anak nya diem banget, kalo ngomong super hemat. Kadang suka mikir kalo lagi ngomong sama dia pikirannya kemana – mana soalnya nggak fokus dan responnya gak telat hehe. Tapi Alhamdulillah sekarang banyak kemajuan. Bawanta anak ini juga diem, tapi masih lebih diem wahyu. Yang saya liat dia totalitas banget di TPKH. dia juga pinter dan sering bantu nutorin temennya. Sekarang masih gitu kan ?. Tari  ini anak super banget, baru nemu secara langsung anak percepatan SD, SMP, SMA semua nya percepatan. Hehe kuliahnya dinikmatin aja dek ya. . . kamu ga bosen apa sekolah cepet cepet mulu ? (kakak macam apa aku -______-). Eriko biasanya bareng sama tari nih. Anak nya juga diem sih tapi totalitas kalo bantuin temennya :3 Didit anak ini selalu senyum, tiap ketemu selalu nyapa. Ramah banget. Meskipun agak diem juga hehe. Anak nya juga pinter, suka bantu nutorin temn – temennya. Fidi  adek yang satu ini juga luar biasa. Dia selalu PP kampus sama rumahnya di sidoarjo. Padahal perjalanan cukup jauh. Tapi kalo kumpul angkatan tetep ikut. Sekarang masih PP kah ?. Nay  cewek ini enerjik, meskipun jarang dateng perwalian tapi WA-an sering hehe. Semangat dek, lakukan hal – hal yang kamu suka. Tapi jangan lupa kuliah nomer 1 ya 😀 Allvin anak ini kalo perawakannya, lucu dan menggemaskan. Menurut saya agak susah menerima orang baru. Haha coba lebih open mind ya dek sama orang – orang di sekeliling mu. 😀
  3. Rumpi : Astari, Riris, Ayu , Dina dan Risma. You know guys ? love is white, but our Friendship is no color. So it will be never change. Sometimes we fight, sometimes we laugh, sometimes we cry, but thank for always with me 😀
  4. Tim Hore : Tim super yang kerjanya nggak Cuma Hore – Hore , kerjaan mereka berat loh. Maaf kan kalo jalur informasi banyak macetnya. Kalian sudah berusaha maksimal, kalian hebat 😀
  5. Medfo 2nd Gen : Helmy – Atud maap kalo saya gabut, staff ahli lainnya juga nduti, wilik, uswah, Ossy, harum, serta adik – adik staff lainnya. Makasih sudah menulis kisah tersendiri buat generasi kedua. Makasih juga buat slogan supernya (nggak update sikat miring, solid, sholat, silat :D)
  6. Mbak Ika sama mbak Fitri : Tempat berkeluh kesah banget, 2 wanita super ini jadi sumber inspirasi dan motivasi banget kalo lagi down. Thanks so much mbak – mbak.
  7. HMTC BERSAHABAT : Jajaran PH, staff ahli nya, serta staff – staff nya yang luar biasa mengabdi buat 1 tahun kepengurusan yang well not so well but Amazing !!!
  8. TC 2010, TC 2011, TC 2012, TC 2013 😀
  9. Semua yang bantuin melukis tahun ke-3 saya dengan memori indah, pengalaman luar biasa dan hal – hal lain yang jadi bagian dari storyline nya
  10. Kamu, haha iya kamuuuuu yang ngeras aja deh 😛

take your time to think :)

Assalamualaikum 🙂

alhamdulillah punya waktu lagi buat nulis – nulis di blog , setelah sekian lama disibuk kan dengan berbagai urusan hehe

jadi gini, sebagian teman – teman saya pasti sudah tau, beberapa saat yang lalu saya sering digalaukan dengan masalah hati hahahaha. jadi ya gitu, saya dianggap sebagai orang yang “kebelet” nikah. soalnya bahasan obrolan saya ya seputar pernikahan dan anak. kalo kata mbak fitri (mentor saya <3) sih wajar, tapi bagi beberapa orang yang berfikir bahwa ini belum waktu nya, saya dianggap agak alay lebay gitu hahahaha.

sejak masa galau itu saya selalu berpendapat, jika nanti saya lulus dan telah datang seorang pria untuk melamar. maka segera saya sah kan (loh?). saya jadi strict dengan masalah hubungan lawan jenis dan sebagainya. Berusaha membatasi diri bahkan berangan angan akan memiliki cerita yang hampir sama dengan mbak – mbak mentor.

Di saat waktu mengizinkan untuk galau maka saya akan membuat skenario di kepala saya bahwa nanti pria tersebut akan datang ke pada ayah saya untuk meminta saya, lalu saya yang tersipu malu akan mengatakan “Iya saya terima”. Merencanakan kehidupan berdua, honeymoon ke PARIS. Menetap di rumah yang saya dekorasi sendiri me-list menu makanan setiap hari serta kegiatan apa yang kan dilakukan bersama setiap hari. Belanja bulanan di supermarket sambil dorong troly berdua, jogging pagi bareng, sholat jamaah bareng, minum teh bareng di sore hari sambil bercerita mau jadi apa kita hari esok . terkesan desperate banget yak hahaha. Mungkin bagi sebagian orang yang pacaran hal ini biasa aja, tapi buat saya yang minim pengalaman, ini tuh indah bangeeeeeet :3 semoga someday yak sama kamuuuuu.

“kita ga pernah tau, mungkin aja di belahan dunia yang lain ada seseorang yang sedang meminta kita sama Allah” –quote dari mbak fitri

So sweet banget yak ❤ ga mau dong kalah romantis sama si dia, maka dari itu saya juga selalu doain dia di belahan bumi sana hahaha

Jujur aja, saya tipe yang kalo udah cinta, maka akan saya cintai sepenuh hati. Dan kalo saya sudah cinta. Susah deh buat pindah ke yang lain. Mungkin sebagian orang sering mendengar atau pun berkata “Move On dong!!!”. Nyatanya emang kalo ngomong doang itu gampang banget kok. Kan tinggal ngomong. Beda guys, sumpah move on adalah hal tersulit 😛

Hmm ngalor – ngidul ga jelas gini kan -______- sebenernya saya mau sharing sih tentang Cinta secara alamiah itu gimana, kenapa kok kita susah move on segera.

Suatu hari di tumblr saya menemukan postingan seperti ini

“Cinta adalah reaksi kimia gabungan antara feromon, endorfin dan serotinin. Setelah beberapa tahun, zat – zat tersebut akan menghilang. Namun, mengapa kakek nenek ku bisa bertahan sampai tua ? karena mereka punya apa yang namanya kasih sayang, keterbiasaan empati dan komunikasi yang terbungkus dalam sebuah KOMITMEN” – belong to dokterfina

Feromon ? endorfin ? serotinin ? kayaknya ga asing deh dulu pas SMA. Trus hubungannya apa ? ada apa dengan hormon – hormon tersebut ?. karena penasaran akhirnya saya googling lagi mengenai hubungan hormon – hormon tersebut dengan jatuh cinta. Dan hasilnya begini . . .

Ternyata bukan hanya 3 hormon yang berpengaruh sama yang namanya jatuh cinta. Tapi ada 5. dopamin, endorfin, feromon, oxytocin, dan neuropinephrin. Yuk bahsa satu persatu

Dopamine: rasa `pleasure feelings` yang kamu rasakan adalah peran dopamin. Bersama dengan meningkatnya kadar adrenalin yang mempercepat denyut jantung, serta rendahnya kadar serotonin yang menyebabkan rasa obsesif (kepemilikan), dopamin memberikan efek membahagiakan, meningkatan energi, lebih bersemangat, menurunkan nafsu makan, dan mengurangi konsentrasi.Namun kamu akan memancarkan pesona luar biasa, wajah kamu akan memutih dan kamu mulai mempercantik diri. Ayo ngakuuuu 😛

Endorfin: endorfin diproduksi secara alamiah oleh kelenjar otak untuk mengimbangi hormon adrenalin dan kortisol yang melimpah saat kita merasa jengkel, marah, jatuh cinta atau stres. Efek hormon ini memandang sesuatu dengan indah, sampai sampai mojok di pinggir kali yang banyak nyamuk dan bau saja serasa di istana raja :P.

Feromon: dapat menimbulkan rasa ketertarikan antara dua orang berlainan jenis dengan bekerja layaknya inisiator/pemicu dalam reaksi-reaksi kimia. Prosesnya adalah ketika dua orang berdekatan dan bertatapan mata, maka feromon yang kasat mata dan volatil, akan tercium oleh organ tubuh manusia yang paling sensitif yaitu vomeronasalorgan (VNO) yaitu organ dalam lubang hidung yang mempunyai kepekaan ribuan kali lebih besar daripada indera penciuman. Hormon ini juga yang bertanggung jawab banyak pasangan haram berzina jangan sampe gini yak -______-.

Oxytocin: suatu hormon yang diproduksi di hipotalamus dan diangkut lewat aliran aksoplasmik ke hipofisis posterior yang jika mendapatkan stimulasi yang tepat hormon ini akan dilepas kedalam darah.Hormon ini mempunyai efek ingin selalu dekat dengan pasangan, seperti dipeluk, dicium, dll. namun hormon ini juga dapat menghilangkan rasa malu dan menjadi pencemburu bahkan bisa berakhir perang.

Neuropinephrin: Hormon ini cara kerja dan manfaatnya hampir sama dengan dopamine. membuat kamu lebih enerjik.

Tapi tahu nggak guys bahwa hormon-hormon tersebut hanya mampu bekerja maksimal dalam 3-4 tahun saja?

Jadi, ga usah heran pada fase ini banyak remaja yang kehilangan logikanya sampai nggak jarang ada melanggar ketentuan agama, melawan orang tua, tidak lagi mendengar nasihat orang lain. Tapi beberapa tahun kemudian banjir airmata sambil menyesali perilakunya dulu, pasangan yang dulu disanjung – sanjung dengan jutaan kata cinta, setengah mati di bela – belain merubah diri biar pasangan nggak “lari”, tapi ketika semua udah ga lagi gitu yang tinggal Cuma sakit hati. Itulah guys, ga menjamin pacaran bertahun – tahun itu baik. Oke deh kalian pacaran punya komitmen juga. Tapi ikatan suci nya itu loh guys . . . ya ga ngedoain sih (maap maap) kalo misalnya pu**s trus yang kalian lakuin udah terlampau jauh (zzzzzz) aduh ngomong apaan sih -________-

Oke back to topik yak, nah gimana sih biar ga galau kayak diatas ? islam punya solusinya guys

Mau tau ? (plis jawab mau hahaha)

Dalam Islam Tingkatan Cinta itu ada 3

Sakinah, Mawaddah, Warahmah. Too familiar ? yupz kita ga saing sama kata – kata ini, tapi paham ga sih artinya ?

Sakinah: Karena dalam Islam tidak mengenal pacaran sebelum Nikah, maka pasca Nikah Hormon-hormon Cinta yang kita bahas di atas bekerja sempurna. Kalau dalam Pacaran bersentuhan dengan lawan jenis menjadi laknat maka pacaran pasca Nikah ini bercengrama bersama istri/suami menuai pahala bahkan malaikat serta seluruh dunia mendoakan kebahagiaan mereka, 3-4 tahun berlalu setelah itu meningkat ke fase selanjutnya. Mantep ga tuh ? next

Mawaddah: dimana saat ini efek berbunga-bunga telah hilang berganti menjadi efek saling membutuhkan. Ketika si Istri membutuhkan suami sebagai partner, kakak, sahabat begitupun sebaliknya. Suami tak sungkan-sungkan bangun membuatkan susu si kecil ketika melihat sang Istri tertidur lelap karena terlalu lelah, Istripun sukarela menyediakan semua kebutuhan suami dan membuat kondisi rumah nyaman saat suami ada di rumah. Nah, ngebayangin nya aja bikin hati adem kan ?

Warahmah: fase inilah ketika kasih sayang sudah berlimpah, masing-masing sudah paham kekurangan dan kelebihan pasangan dan membuat semuanya serba indah. Tak heran jika kita melihat orang tua kita tidak bisa jauh satu sama lain. Kadang tingkah mereka membuat kita tersenyum sendiri. Waduh makin ga sanggup bayangin betapa indahnya kan ? Pengen ? hahaha

Emang sih, meskipun yang saya tuliskan tadi indah – indah, pasti ada faktor X yang akan menjadi kerikil nya. Nikmatin aja guys (nanti tapi ya >/////<). Tapi masalah terBESAR nya kalo menurut saya sih. Sudah siap kah menjalani semua Keindahan ini ? kalo kalian tanya ke saya beberapa bulan yang lalu. Jawaban saya mantap “IYA SAYA MAU SEGERA”. Kalo tanya nya sekarang, maka yang saya jawab adalah “IYA MAU TAPI …” nah, tapi guys. Tapiiiiiiii . . . setelah bergelut sama pikiran sendiri melihat kehidupan saya yang sekarang sudah cukup menyenangkan. Kalo butuh apa apa tinggal telpon papa, mau apa pun bilang ke papa. Bisa ga ya nanti suami saya ngasih minimal sama kayak apa yang papa saya kasih ? nah nah nah galau kan ? ga mungkin dong sudah berkeluarga tapi apa – apa masih minta ke papa. Maka dari itu take your time to think again 😀. Ga usah buru – buru siapkan diri dulu baik –baik toh tulang rusuk kita ga mungkin ketuker kan ? . Mungkin kuncinya di NIAT kan kali yak dan jangan lupa DOA. Hahaha

Semoga tulisan saya ga bikin tambah galu yak. Saya bukan mahasiswi kedokteran yang paham mendalam sama hormon – hormon tersebut. Saya juga bukan ahlinya maslah beginian dari sisi islam. Saya Cuma mencari jawaban atas kegalauan saya 😛

Semoga bermanfaat 😀

(Source: Bimbingan Belajar Islami Permata Umar)

Estimasi Perangkat Lunak Menggunakan Teknik Delphi

Teknik Delphi merupakan teknik Estimasi yang menggunkan pendapat beberapa Pakar atau ahli dibidangnya untuk kemudian diambil kesimpulannya. Ada beberapa tahapan dalam menentukan estimasi menggunkan teknik Delphi yaitu:

  1. Pemilihan Pakar atau Ahli

Dalam memilih Pakar atau Ahli pilihlah yang memenuhi kriteria diantaranya :

  • Memiliki pengalaman dalam mengembangkan Perangkat lunak
  • Pernah bekerja dan memiliki Pengetahuan di bidang Perangkat Lunak serta Aplikasi
  • Berada di dalam organisasi maupun diluar dari sebuah proyek Perangkat lunak

Dari kriteria tersebut maka setidaknya kita memiliki 3 narasumber ahli. Namun sebenarnya pula, jumlah para ahli ditentukan oleh :

  • Kompleksitas proyek – lebih banyak ahli maka lebih kompleks
  • Ketersedian ahli yang memiliki pengetahuan dibidang Perangkat Lunak tersebut
  • Kompetisi dan perlunya memenangkan suatu persaingan
  1. Memberikan pengarahan kepada para Pakar atau Ahli

memberikan pengarahan ataupun Briefing Perlu adanya. Hal ini bisa dilakukan secara personal maupun melalui rapat. Aspek – aspek yang perlu di berikan antara lain :

  • Tujuan dari estimasi
  • Penjelasan Ruang Lingkup Proyek
  • Persaingan dan sifatnya dalam penawaran Proyek
  • Jadwal untuk menyelesaikan estimasi dan kiriman yang diharapkan oleh para ahli.
  • Setiap klarifikasi yang diajukan oleh para ahli
  1. Memeriksa estimasi dari para Ahli

Setelah semua hali memberikan estimasinya, maka langkah selanjutnya adalah memeriksa semua estimasi dan merundingkannya. Sehingga perlu rasanya dibuat tabel pendapat dari semua ahli.

  1. Pemusahan hasil estimasi serta finishing

Setelah kita menyusun perkiraan dari semua estimasi yang ada, maka perlu kita buat suatu rata – rata untuk mendapatkan suatu pemusatan hasil. Pemusatan dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu:

  1. Rata – rata dihitung menggunakan aritmatika maupun modus statistik dari pendapat yang diajukan oleh para ahli
  2. Estimasi Ekstrim (angka ekstrim estimasi tertinggi dan estimasi angka terendah)
  • Perkiraan tertinggi diberikan kepada ahli yang memberikan perkiraan angka terendah
  • Perkiraan terendah diberikan kepada ahli yang memberikan perkiraan angka tertinggi

 

  1. Mereka diminta untuk meninjau perkiraan dan memberikan pendapat mereka dan jika perlu untuk merevisi perkiraan asli mereka
  2. Perkiraan rata-rata dapat berasal baik menggunakan rata-rata aritmatika atau Modus statistik dari pendapat yang ditawarkan oleh para ahli

 

Keuntungan menggunakan Teknik Delphi

  1. Sangat berguna ketikaorganisasitidak memilikiahli-ahlidengan pengetahuan ataupengalaman pengembangan perangkat lunakuntuk mendapatkan estimasi dengan cepat
  2. Cepatuntuk mendapatkanperkiraan
  3. Mudah untuk dikeloladan digunakan
  4. Jika memilih ahliyang tepat dengan hati-hati, maka hasilnya bisasangat akurat

Kerugian menggunakan Teknik Delphi

  1. Terlalusederhana
  2. Mungkin sulituntuk menemukanpakar yang tepat
  3. Sulit untuk menemukanahli dengan jumlah yang cukup serta yang bersediauntuk berpartisipasi dalammemberikan estimasi
  4. Estimasi yang diturunkantidakauditable
  5. Tidaklah mungkinuntuk menentukan penyebabdarivariansantara nilaiestimasidan
    nilai yang sebenarnya
  6. Hanyaukurandan usahadan perkiraanyang mungkin-jadwaltidak akan tersedia.

 

Source : Delphi Technique for software estimation, Murali Chemuturi PDF

welocome MEDFO 2nd Generation

yak insya allah mengikuti jejak sukses kemilau dari 1st generation nya (kalo bisa harus lebih berkilau :3 ) di kepengurasannya sodara Rahman dan Mahen ini Medfo tetap menjadi departemen ke 7. dengan kadep dan sekdepnya si Helmy dan Asri.

1039886_10200812608511800_385636416_oangka 7 memiliki filosofi jawa pitulungan (pitu adalah 7 dalam bahasa jawa pitulungan berarti pertolongan) 7 juga merupakan jumlah personel INFINITE (la trus -____-). itu yang diyakini saya hehe bahwa departemen yang saya cintai ini akan terus dan selalu berkilau. sedikit cerita bahwa selama setahun medfo berkarya kita sudah menjalankian hampir semua proker yang kita punya. BlueMagz udah 2 kali, Everblue 8 kali, Mading 2 kali ganti tema, sosmed update dan jumlah likers + followers bertambah, web dengan wajah baru, pelatihan jurnalistik staff dan IWX. alhamdulillah. . .

rasa bahagia dan bangga bertambah ketika akhirnya beberapa proker kami di apresiasi dalam VIVAT MEDIA KM ITS AWARD :3

dari 6 nominasi kami masuk dalam 5 nominasi dan memenangkan 3 nominasi. Majalah terbaik, Bulletin terbaik, Departement terbaik sehingga akhirnya kami memperoleh Best of the Best :3

IMG_6633 IMG_6639and now welcome to Medfo 2nd Generation adik adik C1C . . .

 

 

 

Ip Tables (Modul 5)

SOAL SHIFT

a. Semua subnet tidak dapat mengakses TCP port 21, 443, 66 pada DMZ kecuali KEBUN_BIBIT sedangkan port TCP yang diizinkan untuk mengakses DMZ adalah port 80, 8080, 22.

a
b. Mengijinkan semua akses UDP ke DMZ.

b
c. Subnet DMZ tidak dapat di PING dari luar selain subnet AJK dan jaringan internal.

c
d. Koneksi kepada DMZ melalui ssh dibatasi sebanyak 5 koneksi.

d
e. Buatlah sebuah perintah iptables untuk mengatasi synflood

e
f. Buatlah sebuah perintah iptables untuk mengatasi force ssh attack.

f
g. Buatlah perintah iptables untuk memblok paket scanning. Contoh: xmas, file scan.

g
h. Subnet taman_bungkul hanya bisa diakses oleh subnet kebun_bibit, subnet plasa_surabaya hanya bisa diakses ketika jam kerja (08.00 – 16.00), subnet sutos tidak bisa melakukan koneksi ke YM dan Facebook serta tidak bisa melakukan streaming video pada hari dan jam kerja (senin-jumat 07.00-17.00).

hh1
i. Selain DMZ gunakan NAT untuk mengakses jaringan luar (tidak boleh menggunakan masquerade).

i
j. Catat semua log yang di-drop oleh firewall.

j

SUBNETTING & ROUTING (modul 4)

Subnetting merupakan teknik memecah network menjadi beberapa subnetwork yang lebih kecil. Subnetting akan menciptakan beberapa network tambahan, tetapi mengurangi jumlah maksimum host yang ada dalam tiap network tersebut.

subnetting digunakan untuk :

  • Untuk mengefisienkan alokasi IP Address dalam sebuah jaringan agar dapat memaksimalkan penggunaan IP Address.
  • Mengatasi masalah perbedaan hardware dan media fisik yang digunakan pada suatu network, karena Router IP hanya dapat mengintegrasikan berbagai network dengan media fisik yang berbeda jika setiap network memiliki address network yang unik.
  • Meningkatkan keamanan dan mengurangi terjadinya kongesti akibat terlalu banyaknya host dalam suatu network.
Picture1Routing adalah proses penerusan paket data dari suatu jaringan menuju jaringan lainnya. Pengiriman paket pada jaringan dapat diteruskan ke jaringan lainnya melalui mekanisme routing.Algoritma routing merupakan bagian perangkat lunak dan lapisan network yang bertanggung jawab terhadap saluran keluaran bagi paket masuk dan harus ditransmisikan. Proses routing paket data diperlukan syarat berikut:

  • Alamat tujuan yang jelas, memilih jalur-jalur terbaik dan cepat.
  • Mengidentifikasi informasi dan sumber yaitu router mempelajari dari mana informasi berasal, serta jalur-jalur yang dipilih selanjutnya.
  • Menentukan jalur-jalur yang mungkin dilewati yaitu lalu lintas yang dapat ditempuh untuk sampai ke tujuan.
  • Mengatur dan mengkonfirmasikan informasi routing yaitu jalur yang digunakan biasanya terpercaya atau tidak.

Perhitungan menggunakan CIDR dan Superrouting

berikut gambar topologi yang kelompok kami kerjakan
topologi7ip awal = 192.168.0.0
ip gabunganAB = /22CD = /27EF = /25

CDEF = /24

ABCDEF = /21

GH = /26

ABDEFI= /20

ABCDEFGHI = /19

pembagian nya menjadi

pup

ABCDEFGHI => NID : 192.168.0.0/19

BID : 192.168.31.255/19

Range : 192.168.0.0 – 192.168.31.254

Maka A = > NID : 192.168.0.0/21

BID : 192.168.7.255/21

Range : 192.168.0.0 – 192.168.7.254

Maka B => NID : 192.168.8.0/21

BID : 192.168.15.255/21

Range : 192.168.8.0 – 192.168.15.254

Maka G => NID : 192.168.16.0/22

BID : 192.168.19.255/22

Range : 192.168.16.0 – 192.168.19.254

Maka H => NID : 192.168.20.0/22

BID : 192.168.23.255/22

Range : 192.168.20.0 – 192.168.23.254

Maka I => NID : 192.168.24.0/22

BID : 192.168.27.255/22

Range : 192.168.24.0 – 192.168.27.254

Maka C => NID : 192.168.28.0/23

BID : 192.168.29.255/23

Range : 192.168.28.0 – 192.168.29.254

Maka D => NID : 192.168.30.0/24

BID : 192.168.30.255/24

Range : 192.168.30.0 – 192.168.30.254

Maka E => NID : 192.168.31.0/25

BID : 192.168.31.127/25

Range : 192.168.31.0 – 192.168.31.126

Maka F => NID : 192.168.31.128/25

BID : 192.168.31.255/25

Range : 192.168.31.128 – 192.168.31.254

Server menggunakan IP DMZ yang sudah dibagikan untuk tiap kelompok

GM => 10.151.71.128 /29

TP => 10.151.71.132/30

setelah itu lakukan konfigurasi di Cisco Packet Tracer

Ciscojika konfigurasi di Cisco packet Tracer sudah benar, maka sama seperti modul – modul lainnya kita buat umlnya.

membuat uml nya tentu sama saja dengan modul – modul sebelumnya. yang membedakan adalah kita menambahkan beberapa syntax seperti gambar berikut (konfigurasi di kebun bibit)

kebun bibit

ditambahkan gateway sebagai jembatan penghubung nya dari kebun_bibit ke tugu pahlawan atau sebaliknya.