Materi Kuliah Semester 1 ( Pemrograman Terstruktur )

Pemrograman Terstruktur

Menurut  beberapa orang, mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah yang cukup sulit. tapi, ini lah inti dari pembelajaran di Teknik Informatika. yaitu pemrograman. tujuan kita mempleajari materi ini adalah diharapkan mahasiswa memahami metodologi pengembangan software (analisa, design, coding, testing, dokumentasi) dan mampu menerapkan metodologi tersebut pada persoalan-persoalan sederhana, mampu merancang program secara terstruktur serta memahami elemen – elemen pemrograman C dan mampu mengembangkan idenya dalam bahasa lisan maupun tulisan .

Pemrograman terstruktur adalah suatu proses untuk mengimplementasikan urutan langkah untuk menyelesaikan suatu masalah dalam bentuk program. Prinsip dari pemrograman terstruktur adalah bahwa Apabila kita sudah sampai pada langkah tertentu, kita tidak boleh mengeksekusi langkah sebelumnya. Hal ini dikecualikan pada langkah-langkah untuk proses berulang.

Pokok bahasan yang akan di bahas antara lain Gambaran Umum Mengenai Pemrograman, Gambaran Umum tentang C, Pemrograman Terstruktur /Modular, Percabangan, Perulangan,  Array, Algoritma, Sorting, Searching, String, Fungsi Rekursif, Structure dan Union, Pemrosesan File, Program Berukuran Besar, Struktur Data Dinamik dan  C++.

bahasan yang sedikit menjadi momok adalah mengenai bahasa pemrograman C dan C++ . disini saya akan menjelaskan sedikit tentang keduanya.

awalnya pada tahun 1972 Dennis Ritchie mengembangkan bahasa pemrograman C yang beroprasi pada sistem UNIX. Meskipun C dibuat untuk memprogram sistem dan jaringan komputer namun bahasa ini juga sering digunakan dalam mengembangkan software aplikasi. C juga banyak dipakai oleh berbagai jenis platform sistem operasi dan arsitektur komputer, bahkan terdapat beberepa compiler yang sangat populer telah tersedia.

Kemudian pada tahun 1980-an Bell Labs mengembangkan bahasa pemrograman C++ yang juga beroprasi pada sistem UNIX. C++ merupakan ekstensi dari C. keduanya memiliki persamaan bahasa sintax yang di gunakan. namun keduanya juga mempunyai perbedaan yaitu, C merupakan bahasa pemrograman prosedural, dimana penyelesaian suatu masalah dilakukan dengan membagi-bagi masalah tersebut kedalam su-submasalah yang lebih kecil. sedangkan C++ merupakan bahasa pemrograman yang memiliki sifat, pemrograman berorientasi objek Untuk menyelesaikan masalah, C++ melakukan langkah pertama dengan menjelaskan class-class yang merupakan anak class yang dibuat sebelumnya sebagai abstraksi dari object-object fisik, Class tersebut berisi keadaan object, anggota-anggotanya dan kemampuan dari objectnya, Setelah beberapa Class dibuat kemudian masalah dipecahkan dengan Class.

contoh C++

source :

katalog informatika 2009/2010

http://harniytha.blogspot.com/2008/09/pemrograman-c.html

http://id.wikipedia.org/wiki/C_%28bahasa_pemrograman%29

http://shandy-06shihab.blogspot.com/2010/10/pemrograman-terstruktur.html

http://id.wikipedia.org/wiki/C%2B%2B

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s