CARA MEMBUAT PROGRAM

kalo biasanya saya memposting tentang materi sistem digital atau pun sistem dan teknologi informasi. sekarang saya akan sharing tentang cara membuat program. membuat program adalah tugas seorang programer. dalam membuat program programer tidak boleh sembarangan ,dalam mendesain alogaritmadan menejemn datanya. proses untuk membuat sebuah program bukanlah sebuah proses yang sederhana, oleh karena itu diperlukan tahapan – tahapan khusus.

1. Mendefinisikan Masalah

Menurut Murphy (oleh Hendry Ledgard) ” semakin cepat menulis program, semakin lama kita dapat menyelesaikannya.” sehingga harus kita ketahui pasti dulu apa masalahnya,barulah kita bis amembuat sebuah program.

2. Menemukan Solusi

Setelah dapat mendefinisikan suatu masalah maka langksh berikutnya adalah kita menentukan solusi nya. jika msalah terlalu kompleks , maka dapatdipecah menjadi bagian – bagian yang lebih kecil agar lebih mudah di selesaikan.

3. Memilih Algoritma dan Stuktur Data

pemilihan algoritma sangat berpengaruh pada hasil program secara keseluruhan. termasuk juga struktur data yang tepat akan sangat berpengaruh.

4. Menulis Program

pilihlah bahasa pemrograman yang mudah dipahami. akan lebih baik lagi jika bahasa pemrograman itu sudah dikuasai. pilihlah juga bahasa pemrograman yang mendukung platform aplikasi dekstop, web, dan mobile. seperti NET (VB, C#, C++ , F#, J#) atau JAVA

5. Menguji Program

setelah program selesai dibuat, maka ujilah program dengan segala kemungkinan yang ada, termasuk error-handling-nya hingga program tersebut benar – benar  handal dan layak digunakan. pengujian hendaknya dilakukan beberapa kali oleh banyak tester.

6. Menulis Dokumentasi

cara yang paling tepat adalah dengan menuliskan komentar – komentar kecil tentang apa maksud kode tersebut, untuk apa, dan parameter yang ada pada suatu prosedur fungsi.

7. Merawat Program

program yang sudah jadi pun perlu perawatan, hal ini untuk mencegah terjadinya bug/cacat yang sebelumnya tidak terdeteksi. ada kemungkinan pengguna membutuhkan fasilitas baru yang dulu tidak ada sehingga program harus diperbarui, dirawat, dan di back up secara kontinu.

source : algoritma dan pemrograman bahasa C

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s