Crimping ++ (Modul 1 JARKOM)

setelah mereview tentang Wireshark, Filezilla dan juga Socket Programing dengan java, ada pula yang namanya Crimping yaitu proses dimana sebuah kabel jaringan di proses agar mampu menjadi sebuah kabel jaringan yang utuh atau sempurna, atau bisa juga diartikan sebagai cara membuat kabel jaringan.

dibagi menjadi 2 yaitu

  1.  Copper Straight Over  biasanya digunakan untuk koneksi dari komputer -> switch, router -> hub/switch , server -> hub/switch. Susunan kabel UTP  Harus tepat dari kiri ke kanan  Putih Orange – Orange – Putih Hijau – Biru – Putih Biru – Hijau – Putih Coklat – Coklat . crimping-straight
  2. Copper Cross Over biasanya digunakan untuk koneksi dari computer -> computer, switch – switch, modem -> switch
    Susunan kabel UTP :Ujung 1

    Putih Hijau – Hijau – Putih Orange – Biru – Putih Biru –  Orange  – Putih Coklat – Coklat

    Ujung 2

    Putih Orange – Orange – Putih Hijau – Biru – Putih Biru – Hijau – Putih Coklat – Coklatcrossover(gambar dari http://reynaldosiahaan.blogspot.com/2010/09/crimping.html)

ada pula beberapa soal yang diajukan oleh asisten praktikum akan coba saya bagi di sini.

connection persistant dan non persistant, perbedaannya dapat saya jelaskan seperti ini. connection persistant adalah koneksi yang tidak putus (contohnya ketika buffering video dari youtube,dailymotion maupun situs lainnya), sedangkan yang non-persistant adalah koneksi yang tidak selalu terhubung *?* (contohnya adalah ketika kita melakukan chatting, setelah mengetikkan pesan dan pesan dikirim maka koneksi berjalan, namun ketika tidak sedang mengirim maka koneksi terputus).

FTP adalah salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan(download)dan pengunggahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP (wikipedia). nah FTP memiliki beberapa perintah diantaranya

  1. DELE -> digunakan untuk menghapus file atau seluruh isi dari direktori
  2. USER dan PASS -> digunakan ketika ingin login, dikirim dalam bentuk tidak terenkripsi (polos)
  3. PUT dan GET -> untuk upload dan Download

printah lainnya dapat dipelajari di SINI

Apa itu IMAP(Internet Message Access Protocol), POP3 (Post Office Protocol version 3) dan webmail(misal SMTP(Simple Mail Transfer Protocol)) ?

ketiganya merupakan protocol untuk pengiriman maik dari client ke mail server, yang membedakan adalah Capture

(gambar dari http://aio.alloperator.com/2010/01/perbedaan-pop3-imap-smtp/)

Perbandingan TCP/IP dengan OSI layerindex

Mekanisme Pengiriman Data Pada OSI Layer:

seperti pada gambar, OSI layer memiliki & lapis, berikut penjelasannya

  1. Pada Layer Physical, data akan dikirim dalam bentuk sinyal analog/ berupa gelombang dan dibaca sebagai biner ( 0 atau 1 ).
  2. Dan pada Layer Datalink terjadi segmentasi dan re-assembling data yang masuk dari layer physical serta penambahan Header pada data. Didalam layer datalink ini data disebut Frame. disini sudah mulai ditentukan data akan masuk pada hardware seperti apa.
  3. di Layer Network data akan diberikan alamat IP, menentukan kemana data akan ditransmisikan, dan menjaga trafik pada jaringan.
  4. Di Layer Transport data dipecah-pecah menjadi beberapa bagian tergantung pada hardware yang tujuan. protocol yang bertugas disini ialah TCP dan UDP.
  5. Session layer berguna untuk menjaga, memelihara dan mengatur koneksi.
  6. Presentation layer berguna untuk mengkonversi data, seperti ASCII untuk dokumen, gif untuk gambar dsb. Layer ini membentuk kode konversi, translasi data, enkripsi dan konversi.
  7. Aplication layer menyediakan jasa untuk aplikasi pengguna. Layer ini bertanggungjawab atas pertukaran informasi antara program komputer, seperti program e-mail, dan service lain yang jalan di jaringan, seperti server printer atau aplikasi komputer lainnya.

Sedangkad dengan TCP/IP :

ada yang menyebutnya 4 layer ada pula beberapa yang menyebutnya 5 layer. berikut penjelasannya.

  1. Application Layer. dalam TCP/IP merupakan gabungan dari lapisan session, presentation dan application pada OSI yang menyediakan komunikasi diantara proses atau aplikasi-aplikasi pada host yang berbeda: telnet, ftp, http, dll.
  2. Transport Layer. Pada lapisan ini terbagi menjadi dua, UDP dan TCP
    sama seperti pada OSI layer.
  3. Network Layer Internet Protocol (IP). sama seperti OSI layer
  4. Data Link Layer. sama seperti pada OSI layer.
  5. Physical Layer. Pada lapisan ini ditentukan karakteristik media transmisi, rata-rata pensinyalan, serta skema pengkodean sinyal dan sarana sistem pengiriman data ke device yang terhubung ke network. hampir sama juga dengan OSI layer.

oya berikut list of port number bisa dilihat DISINI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s