Web Server & Proxy Server (Modul 2)

alhamdulillah akhirnya selesai juga modul 2 Jarkom, pada modul 2 ini yang dipelajari adalah tentang Web Server dan Proxy Server.

Web Server adalah sebuah perangkat lunak yang berfungsi untuk menerima permintaan HTTP ataupun HTTPS dari client. biasanya dikenal dengan Web Browser. setelah dari client maka akan dikirim lagi hasilnya dalam bentuk halaman – halaman web yang pada umumnya berbentuk dokumen HTML.

Beberapa contoh Web Server

  • Apache merupakan web server yang paling banyak dipergunakan di Internet. Program ini pertama kali didesain untuk sistem operasi lingkungan UNIX. Namun demikian, pada beberapa versi berikutnya Apache mengeluarkan programnya yang dapat dijalankan di Windows NT.

  • Nginx dengan cepat memberikan konten statis dengan penggunaan efisien sumber daya sistem.Hal ini dapat menyebarkan dinamis HTTP konten di jaringan menggunakan FastCGI handler untuk script , dan dapat berfungsi sebagai perangkat lunak yang sangat mampu penyeimbang beban
  • Litespeed web server merupakan teknologi baru yang diciptakan untuk menggantikan Apache Web Server di masa mendatang. Litespeed menurut hasil riset mempunyai kelebihan yaitu 50% lebih cepat dalam memproses PHP dan lebih cepat 6x dibandingkan Apache Web Server.

Proxy Severadalah sebuah perangkat lunak yang menjembatani komputer baik komputer client maupun komputer server dimana memiliki fungsi dasar connection sharing, filtering dan chacing.

  • Connection sharing, Proxy server dapat bertindak sebagai gateway untuk jarngan lokal terhadap jaringan luar atau internet, karena paket data yang dikirimkan dari jaringan lokal ke jaringan luar harus melewati proxy server. Proxy sever sebagai connection sharing ini dapat bekerja pada layer Data-Link, layer Network dan Transport, maupun layer Aplikasi dalam hirarki layer komunikasi jaringan menurut OSI, namun sebagian besar pengertian, proxy server bekerja pada layer aplikasi.
  • Filtering, yang biasa disebut dengan firewall. Filtering ini berdasarkan daftar aturan dan pengaturan pada akses tertentu sehingga lebih mudah mengatur trafik dari sumber-sumber yang tidak terpercaya dan digunakan untuk melindungi kumpulan komputer dalam sebuah jaringan maupun sekumpulan jaringan yang berbeda topologi.
  • Chacing adalah sebuah cara untuk penyimpanan content-content yang sudah pernah diminta oleh pengguna di internet, content-content tersebut disimpan pada sebuah ruang disk yang di sebut cache. Sehingga apabila ada pengguna yang akan meminta content yang sama proxy server akan memberikannya langsung tanpa meminta terlebih dahulu ke server aslinya di internet. Proses caching ini transparent. Artinya pengguna tidak dapat membedakan siapa sebenarnya yang memberikan content tersebut.

beberapa jenis proxy:

  • Forward proxy adalah http proxy yang menjadi perantara user-user pada local area network dengan web-web server yang terdapat pada internet, penerapan forward proxy umumnya disertai mekanisme web cache untuk mengefisienkan bandwidth dan meningkatkan akselerasi akses web
  • Reverse proxy memiliki maksud yang berkebalikan dengan forward proxy yaitu menjadi perantara user-user di internet terhadap akses ke web-web server yang berada pada local area network, sehingga seolah-olah user di internet mengakses langsung web server yang dimaksud padahal sesungguhnya user di internet mengakses web-web server yang terdapat di local area network melalui reverse proxy tersebut.
  • Open proxy adalah proxy yang memungkinkan orang melakukan koneksi ke sistem lainnya tanpa perlu autentifikasi, misalnya dengan password. Open proxy merupakan cara yang menarik bagi spammer untuk mengirimkan mail. Proxy tidak melakukan store-and-forward, seperti yang dilakukan mail-relay; tetapi perintah akan dikirim langsung ke sistem target.
  • Normal Proxy, adalah sebuah regular proxy yang bertugas sebagai jembatan host dan server.. Jadi proxy server menerima permintaan dari host,  kemudian mengambil konten dan menyalin atau menyimpan informasi di cache. Jadi lain kali ketika permintaan klien lain untuk halaman web yang sama, proxy server hanya membalas permintaan dengan konten dalam cache tanpa perlu mengirim permintaan kembali ke server. Hal ini meningkatkan kecepatan permintaan-jawaban keseluruhan.
  • Intercept Proxy, salah satu metode prosy yang membuat ringan untuk mengekspos situs remote melalui localhost dan mengganti sumber daya pilih dengan versi lokal untuk tujuan pengujian dan pengembangan. Dengan menunjuk proxy server di url dan menjalankan aplikasi, Anda dapat berselancar di situs yang ditargetkan melalui localhost.
  • Transparan proxy, adalah server proxy normal yang sebenarnya tidak meningkatkan privasi  online Anda. Transparan proxy dapat memberikan satu manfaat dengan caching halaman yang sering diakses dan proses ini mengurangi waktu download dan mempercepat akses bagi perusahaan client.

belajar dari :

http://nuxer.net/pengantar-proxy-server.html

http://dieka.blogdetik.com/2009/08/27/proxy-server-adalah/

http://blog.uad.ac.id/imamkurniawan/2012/07/06/fitur-web-server/

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s