take your time to think :)

Assalamualaikum🙂

alhamdulillah punya waktu lagi buat nulis – nulis di blog , setelah sekian lama disibuk kan dengan berbagai urusan hehe

jadi gini, sebagian teman – teman saya pasti sudah tau, beberapa saat yang lalu saya sering digalaukan dengan masalah hati hahahaha. jadi ya gitu, saya dianggap sebagai orang yang “kebelet” nikah. soalnya bahasan obrolan saya ya seputar pernikahan dan anak. kalo kata mbak fitri (mentor saya <3) sih wajar, tapi bagi beberapa orang yang berfikir bahwa ini belum waktu nya, saya dianggap agak alay lebay gitu hahahaha.

sejak masa galau itu saya selalu berpendapat, jika nanti saya lulus dan telah datang seorang pria untuk melamar. maka segera saya sah kan (loh?). saya jadi strict dengan masalah hubungan lawan jenis dan sebagainya. Berusaha membatasi diri bahkan berangan angan akan memiliki cerita yang hampir sama dengan mbak – mbak mentor.

Di saat waktu mengizinkan untuk galau maka saya akan membuat skenario di kepala saya bahwa nanti pria tersebut akan datang ke pada ayah saya untuk meminta saya, lalu saya yang tersipu malu akan mengatakan “Iya saya terima”. Merencanakan kehidupan berdua, honeymoon ke PARIS. Menetap di rumah yang saya dekorasi sendiri me-list menu makanan setiap hari serta kegiatan apa yang kan dilakukan bersama setiap hari. Belanja bulanan di supermarket sambil dorong troly berdua, jogging pagi bareng, sholat jamaah bareng, minum teh bareng di sore hari sambil bercerita mau jadi apa kita hari esok . terkesan desperate banget yak hahaha. Mungkin bagi sebagian orang yang pacaran hal ini biasa aja, tapi buat saya yang minim pengalaman, ini tuh indah bangeeeeeet :3 semoga someday yak sama kamuuuuu.

“kita ga pernah tau, mungkin aja di belahan dunia yang lain ada seseorang yang sedang meminta kita sama Allah” –quote dari mbak fitri

So sweet banget yak❤ ga mau dong kalah romantis sama si dia, maka dari itu saya juga selalu doain dia di belahan bumi sana hahaha

Jujur aja, saya tipe yang kalo udah cinta, maka akan saya cintai sepenuh hati. Dan kalo saya sudah cinta. Susah deh buat pindah ke yang lain. Mungkin sebagian orang sering mendengar atau pun berkata “Move On dong!!!”. Nyatanya emang kalo ngomong doang itu gampang banget kok. Kan tinggal ngomong. Beda guys, sumpah move on adalah hal tersulit😛

Hmm ngalor – ngidul ga jelas gini kan -______- sebenernya saya mau sharing sih tentang Cinta secara alamiah itu gimana, kenapa kok kita susah move on segera.

Suatu hari di tumblr saya menemukan postingan seperti ini

“Cinta adalah reaksi kimia gabungan antara feromon, endorfin dan serotinin. Setelah beberapa tahun, zat – zat tersebut akan menghilang. Namun, mengapa kakek nenek ku bisa bertahan sampai tua ? karena mereka punya apa yang namanya kasih sayang, keterbiasaan empati dan komunikasi yang terbungkus dalam sebuah KOMITMEN” – belong to dokterfina

Feromon ? endorfin ? serotinin ? kayaknya ga asing deh dulu pas SMA. Trus hubungannya apa ? ada apa dengan hormon – hormon tersebut ?. karena penasaran akhirnya saya googling lagi mengenai hubungan hormon – hormon tersebut dengan jatuh cinta. Dan hasilnya begini . . .

Ternyata bukan hanya 3 hormon yang berpengaruh sama yang namanya jatuh cinta. Tapi ada 5. dopamin, endorfin, feromon, oxytocin, dan neuropinephrin. Yuk bahsa satu persatu

Dopamine: rasa `pleasure feelings` yang kamu rasakan adalah peran dopamin. Bersama dengan meningkatnya kadar adrenalin yang mempercepat denyut jantung, serta rendahnya kadar serotonin yang menyebabkan rasa obsesif (kepemilikan), dopamin memberikan efek membahagiakan, meningkatan energi, lebih bersemangat, menurunkan nafsu makan, dan mengurangi konsentrasi.Namun kamu akan memancarkan pesona luar biasa, wajah kamu akan memutih dan kamu mulai mempercantik diri. Ayo ngakuuuu😛

Endorfin: endorfin diproduksi secara alamiah oleh kelenjar otak untuk mengimbangi hormon adrenalin dan kortisol yang melimpah saat kita merasa jengkel, marah, jatuh cinta atau stres. Efek hormon ini memandang sesuatu dengan indah, sampai sampai mojok di pinggir kali yang banyak nyamuk dan bau saja serasa di istana raja😛.

Feromon: dapat menimbulkan rasa ketertarikan antara dua orang berlainan jenis dengan bekerja layaknya inisiator/pemicu dalam reaksi-reaksi kimia. Prosesnya adalah ketika dua orang berdekatan dan bertatapan mata, maka feromon yang kasat mata dan volatil, akan tercium oleh organ tubuh manusia yang paling sensitif yaitu vomeronasalorgan (VNO) yaitu organ dalam lubang hidung yang mempunyai kepekaan ribuan kali lebih besar daripada indera penciuman. Hormon ini juga yang bertanggung jawab banyak pasangan haram berzina jangan sampe gini yak -______-.

Oxytocin: suatu hormon yang diproduksi di hipotalamus dan diangkut lewat aliran aksoplasmik ke hipofisis posterior yang jika mendapatkan stimulasi yang tepat hormon ini akan dilepas kedalam darah.Hormon ini mempunyai efek ingin selalu dekat dengan pasangan, seperti dipeluk, dicium, dll. namun hormon ini juga dapat menghilangkan rasa malu dan menjadi pencemburu bahkan bisa berakhir perang.

Neuropinephrin: Hormon ini cara kerja dan manfaatnya hampir sama dengan dopamine. membuat kamu lebih enerjik.

Tapi tahu nggak guys bahwa hormon-hormon tersebut hanya mampu bekerja maksimal dalam 3-4 tahun saja?

Jadi, ga usah heran pada fase ini banyak remaja yang kehilangan logikanya sampai nggak jarang ada melanggar ketentuan agama, melawan orang tua, tidak lagi mendengar nasihat orang lain. Tapi beberapa tahun kemudian banjir airmata sambil menyesali perilakunya dulu, pasangan yang dulu disanjung – sanjung dengan jutaan kata cinta, setengah mati di bela – belain merubah diri biar pasangan nggak “lari”, tapi ketika semua udah ga lagi gitu yang tinggal Cuma sakit hati. Itulah guys, ga menjamin pacaran bertahun – tahun itu baik. Oke deh kalian pacaran punya komitmen juga. Tapi ikatan suci nya itu loh guys . . . ya ga ngedoain sih (maap maap) kalo misalnya pu**s trus yang kalian lakuin udah terlampau jauh (zzzzzz) aduh ngomong apaan sih -________-

Oke back to topik yak, nah gimana sih biar ga galau kayak diatas ? islam punya solusinya guys

Mau tau ? (plis jawab mau hahaha)

Dalam Islam Tingkatan Cinta itu ada 3

Sakinah, Mawaddah, Warahmah. Too familiar ? yupz kita ga saing sama kata – kata ini, tapi paham ga sih artinya ?

Sakinah: Karena dalam Islam tidak mengenal pacaran sebelum Nikah, maka pasca Nikah Hormon-hormon Cinta yang kita bahas di atas bekerja sempurna. Kalau dalam Pacaran bersentuhan dengan lawan jenis menjadi laknat maka pacaran pasca Nikah ini bercengrama bersama istri/suami menuai pahala bahkan malaikat serta seluruh dunia mendoakan kebahagiaan mereka, 3-4 tahun berlalu setelah itu meningkat ke fase selanjutnya. Mantep ga tuh ? next

Mawaddah: dimana saat ini efek berbunga-bunga telah hilang berganti menjadi efek saling membutuhkan. Ketika si Istri membutuhkan suami sebagai partner, kakak, sahabat begitupun sebaliknya. Suami tak sungkan-sungkan bangun membuatkan susu si kecil ketika melihat sang Istri tertidur lelap karena terlalu lelah, Istripun sukarela menyediakan semua kebutuhan suami dan membuat kondisi rumah nyaman saat suami ada di rumah. Nah, ngebayangin nya aja bikin hati adem kan ?

Warahmah: fase inilah ketika kasih sayang sudah berlimpah, masing-masing sudah paham kekurangan dan kelebihan pasangan dan membuat semuanya serba indah. Tak heran jika kita melihat orang tua kita tidak bisa jauh satu sama lain. Kadang tingkah mereka membuat kita tersenyum sendiri. Waduh makin ga sanggup bayangin betapa indahnya kan ? Pengen ? hahaha

Emang sih, meskipun yang saya tuliskan tadi indah – indah, pasti ada faktor X yang akan menjadi kerikil nya. Nikmatin aja guys (nanti tapi ya >/////<). Tapi masalah terBESAR nya kalo menurut saya sih. Sudah siap kah menjalani semua Keindahan ini ? kalo kalian tanya ke saya beberapa bulan yang lalu. Jawaban saya mantap “IYA SAYA MAU SEGERA”. Kalo tanya nya sekarang, maka yang saya jawab adalah “IYA MAU TAPI …” nah, tapi guys. Tapiiiiiiii . . . setelah bergelut sama pikiran sendiri melihat kehidupan saya yang sekarang sudah cukup menyenangkan. Kalo butuh apa apa tinggal telpon papa, mau apa pun bilang ke papa. Bisa ga ya nanti suami saya ngasih minimal sama kayak apa yang papa saya kasih ? nah nah nah galau kan ? ga mungkin dong sudah berkeluarga tapi apa – apa masih minta ke papa. Maka dari itu take your time to think again😀. Ga usah buru – buru siapkan diri dulu baik –baik toh tulang rusuk kita ga mungkin ketuker kan ? . Mungkin kuncinya di NIAT kan kali yak dan jangan lupa DOA. Hahaha

Semoga tulisan saya ga bikin tambah galu yak. Saya bukan mahasiswi kedokteran yang paham mendalam sama hormon – hormon tersebut. Saya juga bukan ahlinya maslah beginian dari sisi islam. Saya Cuma mencari jawaban atas kegalauan saya😛

Semoga bermanfaat😀

(Source: Bimbingan Belajar Islami Permata Umar)

2 thoughts on “take your time to think :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s